Contoh Gambar Rumah Minimalis-Rumah Minimalis Modern-Model Rumah Minimalis dan Denah Rumah Minimalis

Software RAB, Alat Untuk Menghitung RAB Bangunan Rumah Tinggal



Software RAB
Software RAB adalah alat bantu untuk membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) rumah sederhana atau rumah hunian biasa. Software RAB menggunakan program MS-Excel dengan mengitegrasikan link-link  perhitungan (perkalian, pembagian, penjumlahan, dll.) antar file, dan antar sheet, sehingga para pengguna Software RAB dapat membuat RAB rumah dengan sangat mudah dan cepat. Yang dihasilkan sebagai output Software RAB adalah tabel rencana anggaran biaya rumah (RAB) dan tabel rincian kebutuhan bahan bangunan.

Software RAB sangat berguna bagi Anda yang sedang merencanakan akan membangun atau merenovasi rumah. Untuk apa perlunya menghitung biaya membangun rumah? Mungkin saya tidak perlu menjawabnya secara rinci, sebab Anda sudah mengetahui jawabannya, bukan? Jawabannya adalah agar kita dapat menyediakan biaya dengan tepat, bukan ? Tapi bukan hanya itu, kita juga dapat bernegosiasi dengan pemborong, apabila pelaksanaan membangun rumah akan dilakukan dengan sitim borongan. Atau jika kita akan mengerjakannya dengan sistem kerja harian, maka kita dapat memantau penggunaan material dan kinerja para pekerja. Anda yang sedang merencanakan membangun rumah, sangat tepat dan beruntung Anda menemukan alat ini, sebab saya yakin Software RAB yang satu ini lebih mudah digunakan, dan sangat interaktif dengan penggunanya, misalnya : yang menentukan harga satuan bahan dan upah adalah pengguna Software RAB, bukan pembuat software.

Untuk menggunakan Software RAB siapapun bisa, tidak memerlukan pengetahuan atau kahlian khusus (bangunan/sipil), sebab langkah-langkah kerja yang memerlukan kahlian seperti perhitungan-perhitungan, menghubungkan antara analisa harga satuan dengan harga satuan bahan, dan upah, serta volume pekerjaan, semuanya diproses secara otomatis oleh Software RAB. Kalau menghitung RAB dengan cara manual, malah memerlukan pengetahuan bangunan/sipil/arsitektur, orang awam tidak akan dapat mengerjakan penghitungan RAB dengan cara manual.

Tapi, ada syarat untuk dapat menggunakan Software RAB, yaitu harus dapat mengoperasikan MS-Excel, dan bisa menghitung luas dan volume, misalnya luas lantai (m2), luas plapond (m2), volume galian pondasi (m3), dan seterusnya. Selanjutnya luas lantai, luas plapond, volume galian pondasi, dst. diinput ke tabel editing volume pada salah satu file Software RAB.

Yang harus dikerjakan oleh pengguna Software RAB untuk menghasilkan Tabel RAB Rumah dan Tabel Rincian Kebutuhan bahan bangunan adalah, sebagai berikut :

  1. merubah harga satuan bahan bangunan dan upah kerja sesuai dengan harga setempat.
  2. menghitung luas dan volume pekerjaan sesuai dengan gambar dan ukuran rencana rumah

Apabila semuanya sudah diinput ke Software RAB, maka Tabel RAB dan Tabel Rincian Bahan secara otomatis sudah jadi dan langsung dapat dicetak ke printer. Sangat mudah bukan? Tanpa pengetahuan bangunanpun Anda dapat mengerjakannya dengan mudah.

Software RAB ini saya buat sendiri secara bertahap dalam waktu yang cukup lama. Ide dan kreasi ini pada awalnya terinpirasi oleh dorongan bagaimana agar pelaksanaan tugas-tugas di tempat kerja bisa lebih cepat dan menghemat tenaga. Pada akhirnya, ide dan kreasi yang telah saya uji coba ini ternyata bisa juga diaplikasikan untuk mengestimasi sebuah rumah standard. Dan akhirnya ide saya ini saya beri nama sembarang yaitu "Software RAB". Vaiditas hasil akkhir dari Software RAB sangat ditentukan oleh pengguna ketika input data volume pekerjaan, harga satuan bahan dan upah kerja setempat. Untuk mendapatkah Software RAB dan penjelasan lebih lengkap, Anda langsung saja kunjungi website saya www.softwarerab.com.





Jangan Lupa Like di Bawah ini yahh..!!

Software RAB, Alat Untuk Menghitung RAB Bangunan Rumah Tinggal

Posted by Info Kesehatan, Published at 06.40 and have
Comments :