Contoh Gambar Rumah Minimalis-Rumah Minimalis Modern-Model Rumah Minimalis dan Denah Rumah Minimalis

Menyulap Rumah KPR-BTN Type 21/72 menjadi Rumah Ideal dan Nyaman


gambar renovasi kpr type 21/72
Rumah ideal dan nyaman tidak harus selalu rumah mewah dan besar, rumah kecil seperti rumah sederhana KPR-BTN Type 21/72 pun kalau bisa mengaturnya dapat disulap menjadi sebuar rumah yang yang ideal dan nyaman dihuni. Rumah yang lapang dan memiliki ventilasi dan pencahayaan alami yang  cukup, dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Hal ini bisa diaplikasikan untuk  renovasi rumah KPR-BTN type kecil yang selama ini terkesan sempit, sumpek dan terasa panas.

Tentu saja untuk menyulapnya memerlukan biaya yang sedikit lebih besar dari harga standard. Kebanyakan dari penghuni perumahan sederhana KPR-BTN type 21 yang merasakan panasnya suhu ruangan baik di siang maupun malam hari dengan cara menggunakan AC split sebagai jalan keluarnya. Solusi seperti ini tidaklah selalu dapat dikatakan solusi yang baik dan tepat, sebab menggunakan udara sejuk alami sudah pasti lebih baik daripada AC split yang tidak semua orang merasa nyaman dengan keberadaan AC.

Sebuah rumah dapat dikatakan rumah ideal, harus dapat memenuhi kebutuhan minimal ruangan untuk semua penghuni. Tetapi tidak harus setiap anggota keluarga memiliki kamar tidur seorang satu jika situasi dan kondisi tidak memungkinkan. Sepanjang dapat mengoptimalkan fungsi penggunaan ruangan dengan cara penggabungan fungsi itu sangat baik. Misalkan sebuah keluarga memiliki 4 orang anak 2 perempuan dan 2 laki-laki, maka sebaiknya Anda membuat 4 ruang tidur, maka lebih baik dibuakan 2 ruang tidur yang berukuran besar dan tinggi plapond yang cukup, sehingga jika memasang tempat tidur bertingkat tetap nyaman.

Jika Anda memiliki putra-putri 4 orang seperti saya sebutkan di atas, dengan melakukan optimalisasi penggunaan ruangan dengan cara penggabungan fungsi, maka idealnya rumah Anda harus memiliki ruangan sebagai berikut :

  1. Kamar tidur : 1 km. tidur utama dan 2 km. tidur anak dengan ukuran cukup besar dan tinggi.
  2. Ruang tamu dan r. keluarga : Untuk efisiensi penggunaan ruangan , ruang tamu bisa digabung dengan r. keluarga dengan menggunakan skat fortable yang tidak terlalu tinggi, sehingga tidak ada kesan sumpek dan sempit.
  3. Dapur & r. makan : Dapur dan ruang makan dapat digabung, hal ini untuk menghilangkan kesan sempit dan sumpek.
  4. Ruang terbuka dalam : ruang terbuka dalam/taman,  sangat penting untuk kenyamanan sebuah rumah, dan disinilah kunci kenyamanan sebuah rumah ideal. Tanpa ada ruang terbuka di dalam, maka rumah KPR BTN type kecil yang memang sempit akan tambah sumpek dan tidak akan memberikan kenyamanan bagi penghuninya.
Desain arsitektur seperti apa untuk menyulap dengan merenovasi rumah KPR BTN menjadi sebuah rumah hunian yang nyaman? Seperti yang telah saya katakan di atas untuk menyulap rumah sempit menjadi terasa nyaman dan lapang perlu biaya ekstra dibandingkan bangun standard, sebabai berikut
  1. Rumah dibuat 2 lantai : tempatkan kamar tidur utama di lantai 1, dan 2 kamar tidur anak di lantai 2
  2. Akses dari r. tamu, r. keluarga, r. makan dan dapur tanpa pintu
  3. Tinggi plapond min. 3.25 m
  4. Struktur dibuat untuk kekuatan bangunan 3 lantai.
  5. Atap lantai 2 gunakan atap plat beton tebal 12 cm, double atap genting rangka baja ringan. Ini perlu dilakukan untuk kenyamanan lantai 2. Dengan dobel atap dan ketinggian plapond minimum 3.25 m. ruangan lantai 1 dan lantai 2 dijamin nyaman, adem, dan lapang.
  6. Lubang sirkulasi udara antar lantai harus cukup besar.
Demikian salah satu cara menyulap rumah sempit KPR BTN Type 21 menjadi rumah yang ideal menurut saya. Rumah akan terasa nyaman dan lapang,  tidak perlu menggunakan AC split. Sistem penggunaan double atap jarang sekali orang melakukannya, tetapi dengan pengalaman memiliki rumah 2 lantai ide tersebut muncul. Bukan royal atau buang-buang biaya, tetapi untuk kenyamanan. Sebagai bukti, jika Anda memiliki rumah 2 lantai, maka Anda sangat merasa nyaman dilantai 1 bukan? Itu karena atap lantai 1 adalah atap beton + atap genting. Kemudian bandingkan dengan di lantai 2 hanya beratapkan genting, panas bukan? Harus menggunakan AC Split yang tidak selalu cocok untuk setiap orang, juga bukankah mahal bayar rekening listrik jika menggunakan AC? Anda perlu gambar desain rumah lengkap? Dapatkan paket gambar murah rumah KPR type 21/72 klik di sini.. siap untuk dibangun.





Jangan Lupa Like di Bawah ini yahh..!!

Menyulap Rumah KPR-BTN Type 21/72 menjadi Rumah Ideal dan Nyaman

Posted by Info Kesehatan, Published at 23.38 and have
Comments :